KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Menerapkan operasi pada bilangan riil | § Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur § Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur § Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya sesuai prosedur § Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian | § Sistem bilangan riil § Operasi pada bilangan bulat § Operasi pada bilangan pecahan § Konversi bilangan § Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen § Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian | § Membedakan macam-macam bilangan riil § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur § Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya § Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 16 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat | § Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya. § Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat § Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah. | § Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya § Operasi pada bilangan ber-pangkat § Penyederhanaan bilangan berpangkat | § Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan berpangkat § Melakukan perhitungan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat-sifatnya § Menyederhanakan bilangan berpangkat § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bilangan berpangkat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 8 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menerapkan operasi pada bilangan irasional | § Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya. § Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar § Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah. | § Konsep bilangan irasional § Operasi pada bilangan bentuk akar § Penyederhanaan bilangan bentuk akar § Bentuk akar digunakan untuk: - Perhitungan konversi ukuran | § Mengklasifikasi bilangan riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar. § Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan irasional § Melakukan operasi bilangan irasional § Menyederhanakan bilangan irasional § Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 8 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menerapkan konsep logaritma | § Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya. § Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel § Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma | § Konsep logaritma § Operasi pada logaritma | § Menjelaskan konsep logaritma § Menjelaskan sifat-sifat logaritma § Menggunakan tabel logaritma § Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan logaritma | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier | § Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya § Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya | § Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya | § Menjelaskan pengertian persamaan linier § Menyelesaikan persamaan linier § Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linier § Menyelesaikan pertidaksamaan linier § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 8 | | | § Modul Persamaan dan Pertidaksamaan § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Persamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya § Pertidaksamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya | § Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya § Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya | § Menjelaskan pengertian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat § Menjelaskan akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya § Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Persamaan dan Pertidaksamaan § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui § Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain § Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian | § Menyusun persamaan kuadrat § Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat dalam program keahlian | § Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar yang diketahui § Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Persamaan dan Pertidaksamaan § Buku referensi lain yang relevan |
STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
KODE KOMPETENSI : D.11
ALOKASI WAKTU : 28 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mendeskripsikan macam-macam matriks | § Matriks ditentukan unsur dan notasinya § Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya | § Macam-macam matriks | § Menjelaskan pengertian matriks, notasi matriks, baris, kolom, elemen dan ordo matriks § Membedakan jenis-jenis matriks § Menjelaskan kesamaan matriks § Menjelaskan transpose matriks | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 4 | | | § Modul Matriks § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menyelesaikan operasi matriks | § Dua matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya § Dua matriks atau lebih ditentukan hasil perkaliannya | § Operasi matriks | § Menjelaskan operasi matriks antara lain : - penjumlahan dan pengurangan § Menjelaskan operasi matriks antara lain : - perkalian skalar dengan matriks - perkalian matriks dengan matriks § Menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks § Menyelesaikan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Matriks § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menentukan determinan dan invers | § Matriks ditentukan determinannya § Matriks ditentukan inversnya | § Determinan dan Invers matriks | § Menjelaskan pengertian determinan matriks § Menentukan determinan dan invers matriks ordo 2 § Menjelaskan pengertian Minor, kofaktor dan adjoin matriks § Menentukan determinan dan invers matriks ordo 3 § Menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan matriks | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Matriks § Buku referensi lain yang relevan |
ALOKASI WAKTU : 36 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier | § Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya § Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya | § Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel | § Menjelaskan pengertian program linier § Menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier § Menggambar grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 8 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menentukan model matematika dari soal ceritera (kalimat verbal) | § Soal ceritera (kalimat verbal) diterjemahkan ke dalam kalimat matematika § Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya | § Model matematika | § Menjelaskan pengertian model matematika § Menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan § Menyusun sistem pertidaksamaan linier § Menentukan daerah penyelesaian | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier. | § Fungsi obyektif ditentukan dari soal § Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif | § Fungsi obyektif § Nilai optimum | § Menentukan fungsi obyektif § Menentukan titik optimum dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier § Menentukan nilai optimum dari fungsi obyektif | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 12 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menerapkan garis selidik | § Garis selidik dituliskan dari fungsi obyektif § Nilai optimum ditentukan menggunakan garis selidik | § Garis selidik | § Menjelaskan pengertian garis selidik § Membuat garis selidik menggunakan fungsi obyektif § Menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Performen Tes § Penugasan | 4 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar