Rabu, 22 Juni 2011

SILABUS MATEMATIKA SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS


SILABUS BISMEN

NAMA SEKOLAH                  :   SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN              :   MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         :   X / 1
STANDAR KOMPETENSI   :   Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil 
KODE KOMPETENSI          :   A
ALOKASI WAKTU :   32 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
T M
P S
P D
1. Menerapkan operasi pada bilangan riil
§     Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
§     Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
§     Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya sesuai prosedur
§     Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian
§     Sistem bilangan riil
§     Operasi pada bilangan bulat
§     Operasi pada bilangan pecahan
§     Konversi bilangan
§     Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen
§     Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian
§     Membedakan macam-macam bilangan riil
§     Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur
§     Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur
§     Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya
§     Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
§     Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
§     Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
16


§     Modul Bilangan Riil
§     Buku referensi lain yang relevan
2. Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat
§     Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
§     Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat
§     Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah.
§     Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
§     Operasi pada bilangan ber-pangkat
§     Penyederhanaan bilangan berpangkat





§     Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan berpangkat

§     Melakukan perhitungan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat-sifatnya
§     Menyederhanakan bilangan berpangkat
§     Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
8


§     Modul Bilangan Riil
§     Buku referensi lain yang relevan
3.  Menerapkan operasi pada bilangan irasional
§     Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
§     Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar
§     Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah.
§     Konsep bilangan irasional
§     Operasi pada bilangan bentuk akar
§     Penyederhanaan bilangan bentuk akar
§     Bentuk akar digunakan untuk:
-    Perhitungan konversi ukuran
§     Mengklasifikasi bilangan riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar.
§     Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan irasional
§     Melakukan operasi bilangan irasional
§     Menyederhanakan bilangan irasional
§     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
8


§     Modul Bilangan Riil
§     Buku referensi lain yang relevan
4.  Menerapkan konsep logaritma
§     Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
§     Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel
§     Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma
§     Konsep logaritma


§     Operasi pada logaritma



§     Menjelaskan konsep logaritma
§     Menjelaskan sifat-sifat logaritma
§     Menggunakan tabel logaritma
§     Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma
§     Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan logaritma




§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan



12


§     Modul Bilangan Riil
§     Buku referensi lain yang relevan

S

NAMA SEKOLAH                  :   SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN              :   MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         :   X / 1
STANDAR KOMPETENSI   :   Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat 
KODE KOMPETENSI          :   D.10
ALOKASI WAKTU :  32 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
T M
P S
P D
1.  Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
§     Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya
§     Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya
§     Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya
§     Menjelaskan pengertian persamaan linier
§     Menyelesaikan persamaan linier
§     Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linier
§     Menyelesaikan pertidaksamaan linier
§     Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
8


§     Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
§     Buku referensi lain yang relevan
2.  Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
§     Persamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya
§     Pertidaksamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya
§     Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya
§     Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya
§     Menjelaskan pengertian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
§     Menjelaskan akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya
§     Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan



12


§     Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
§     Buku referensi lain yang relevan
3.  Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
§     Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui
§     Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan  akar-akar persamaan kuadrat lain
§     Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian

§     Menyusun persamaan kuadrat
§     Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat dalam program keahlian



§     Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar yang diketahui
§     Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain
§     Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
12


§     Modul Persamaan dan Pertidaksamaan
§     Buku referensi lain yang relevan




NAMA SEKOLAH                  :   SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN              :   MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         :   X / 2
STANDAR KOMPETENSI   :  Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
KODE KOMPETENSI          :  D.11
ALOKASI WAKTU :  28 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
T M
P S
P D
1.           Mendeskripsikan macam-macam matriks
§     Matriks ditentukan unsur dan notasinya
§     Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya
§         Macam-macam matriks
§     Menjelaskan pengertian matriks, notasi matriks, baris, kolom, elemen dan ordo matriks
§     Membedakan jenis-jenis matriks
§     Menjelaskan kesamaan matriks
§     Menjelaskan transpose matriks
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
4


§     Modul Matriks
§     Buku referensi lain yang relevan
2.            Menyelesaikan operasi matriks
§     Dua matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya
§     Dua matriks atau lebih ditentukan hasil perkaliannya

§     Operasi matriks
§     Menjelaskan operasi matriks antara lain :
-    penjumlahan dan pengurangan
§     Menjelaskan operasi matriks antara lain :
-    perkalian skalar dengan matriks
-    perkalian matriks dengan matriks
§     Menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks
§     Menyelesaikan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks

§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
12


§     Modul Matriks
§     Buku referensi lain yang relevan
3.  Menentukan determinan dan invers
§     Matriks ditentukan determinannya
§     Matriks  ditentukan inversnya
§     Determinan dan Invers matriks
§     Menjelaskan pengertian determinan matriks
§     Menentukan determinan dan invers matriks ordo 2
§     Menjelaskan pengertian Minor, kofaktor dan adjoin matriks
§     Menentukan determinan dan invers matriks ordo 3
§     Menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan matriks

§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
12


§     Modul Matriks
§     Buku referensi lain yang relevan





NAMA SEKOLAH                  :   SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN              :   MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER         :   XI / 3
STANDAR KOMPETENSI   :   Menyelesaikan masalah program linier
KODE KOMPETENSI          :   D.12
ALOKASI WAKTU :  36 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
T M
P S
P D
1. Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
§     Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya
§     Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya
§     Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel
§     Menjelaskan pengertian program linier
§     Menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier
§     Menggambar grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel

§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
8


§     Modul Program Linier
§     Buku referensi lain yang relevan
2.  Menentukan model matematika dari soal ceritera (kalimat verbal)

§     Soal ceritera (kalimat verbal) diterjemahkan ke dalam kalimat matematika
§     Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya

§     Model matematika
§     Menjelaskan pengertian model matematika
§     Menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan
§      Menyusun sistem pertidaksamaan linier
§     Menentukan daerah penyelesaian
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
12


§     Modul Program Linier
§     Buku referensi lain yang relevan
3.  Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier.
§     Fungsi obyektif ditentukan dari soal
§     Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif
§     Fungsi obyektif
§     Nilai optimum
§     Menentukan fungsi obyektif
§     Menentukan titik optimum dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
§     Menentukan nilai optimum dari fungsi obyektif
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
12


§     Modul Program Linier
§     Buku referensi lain yang relevan
4. Menerapkan garis selidik
§     Garis selidik dituliskan dari fungsi obyektif
§     Nilai optimum  ditentukan menggunakan garis selidik
§     Garis selidik


§     Menjelaskan pengertian garis selidik
§     Membuat garis selidik  menggunakan fungsi obyektif
§     Menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik
§     Kuis
§     Tes lisan
§     Tes tertulis
§     Performen Tes
§     Penugasan
4


§     Modul Program Linier
§     Buku referensi lain yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar